RUMAH MOTIVASI ONLINE, ditulis oleh Cecep Y Pramana
Twitter: @CepPangeran |
Path: Cepy Pramana | Facebook: Cepy Pramana | Instagram: CepPangeran | Foursquare: Cecep Y Pramana | Kompasiana: cepypramana


Sabtu, 06 Desember 2014

Sekilas Tentang Body Rafting (3)


Body rafting adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ketika berpetualang atau berkunjung ke Green Canyon, yaitu dengan menceburkan atau menghanyutkan diri di air.

Air Sungai yang mengalir menuju goa green canyon begitu jernih, beriam, dan berarus agak deras tentu saja sangat mendukung aktivitas ini.

Tak seperti kegiatan rafting pada umumnya yang menggunakan perahu karet dan alat dayung, maka dalam kegiatan body rafting ini justru kita mengandalkan kemampuan tubuh sebagai pengganti perahu untuk berenang sekaligus mengapung mengikuti arus, dan sesekali di selingi dengan berjalan di pinggiran untuk menghindari jeram atau bagian yang berbahaya. Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika tidak bisa berenang?

Tenang saja, body Rafting ternyata cukup aman, selama kita mengikuti prosedur keamanan yang baik dan benar, yaitu memakai pelampung dan helm, juga instruksi yang diberikan pemandu.

Pemandu wisata juga akan melatih kita sebelum benar-benar body rafting sekian kilometer ke hilir. Meski tidak bisa berenang kita akan menikmati kegiatan body rafting bahkan cenderung ketagihan karena dapat menikmati indahnya alam sekitar.

Body Rafting sendiri merupakan media baru dalam berarung jeram yaitu berenang bebas (sesuai petunjuk pemandu) mengikuti aliran sungai dan jeram dengan menggunakan peralatan pelampung, helm, pelindung lutut dan sepatu diving (coral booties).

Teknik berenang body rafting (sesuai yang diajarkan pemandu dari GUHA BAU Body Rafting) yaitu mengambang menghadap ke muka dengan posisi kaki di atas lurus ke depan searah dengan badan dan sejajar dengan permukaan air. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita di saat melewati jeram.

Body Rafting dapat diikuti oleh siapa saja dan tentunya di sesuaikan dengan karakteristik aliran sungai juga usia dan kemampuan individu. Bagi para pemula (juga masih belia) diharuskan untuk didampingi dan ditemani oleh instruktur body rafting berpengalaman yang mengetahui sifat, karakteristik dan dinamika sungai yang akan di arungi, serta dapat mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dalam setiap pengarungan.

Memilih aktifitas body rafting, yaitu mengarungi aliran sungai Cijulang hingga Green Canyon, layak dipilih jika tidak cukup puas hanya dengan perahu motor.

Karena, selama 4 jam lebih kita akan menyusuri sepanjang sungai Cijulang dari hulu hingga berakhir di Green Canyon atau Cukang Taneuh, sekaligus merasakan dinginnya air sungai sambil menikmati pesona alam ciptaan Allah SWT yang sungguh luar biasa.


Sekretariat "Body Rafting GUHA BAU"
Parkir Timur Dermaga Cukang Taneuh (Green Canyon)
Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran
Jawa Barat - Indonesia
Informasi & Reservasi Wisata
hubungi: Asep Taufik Mulyadi
Contact: 085223465754
Pin BB: 2A106EE2
WhatsApp: 085723820754


Artikel Terkait:



6 komentar :

Posting Komentar