RUMAH MOTIVASI ONLINE, ditulis oleh Cecep Y Pramana
Twitter: @CepPangeran |
Path: Cepy Pramana | Facebook: Cepy Pramana | Instagram: CepPangeran | Foursquare: Cecep Y Pramana | Kompasiana: cepypramana


Selasa, 25 Desember 2012

Pondok Rizki, Perpaduan Restauran dan Tempat Memancing

Selasa pagi, tanggal 25 Desember 2012 saya bareng anak, Muhammad Ammar Azmi, berkesempatan mengunjungi sebuah pondok mancing yang cukup indah, asri dan sejuk di kawasan Serpong, Tangerang langsung dari Jatiasih, Kota Bekasi pukul 05.20 WIB.

Tujuannya hanya satu tempat, yaitu Pondok Rizki. Saya sendiri belum pernah ketempat yang dimaksud, namun sudah pernah ke daerah Serpong (Puspiptek dan Kampus ITI).

Pukul 06.30 WIB saya bersama anak berhenti di depan gerbang Kampus Unpam (Universitas Pamulang) untuk Nyabu alias nyarap bubur. Maklum, berangkat dari rumah belum sarapan.

Setelah mengontak panitia dan PJ acara di Bintaro, akhirnya pukul 07.20 WIB saya bertemu dengan rombongan dari Bintaro dan langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi hingga tiba pukul 08.15 WIB.

Pondok Rizki sendiri adalah restauran (rumah makan) yang memadukan lingkungan sebagai wisata alam di sentra bisnis BSD, termasuk didalamnya untuk tempat memancing.

Pondok Rizki yang beralamat di Kampung Sengkol Jl Hutama Karya (HK) Muncul/Lingkar Selatan, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Serpong, Tangerang Selatan ini bisa dijadikan alternatif tempat wisata di musim liburan sekolah. Karena, menyuguhkan alam sebagai wahana hiburan sekaligus tempat memancing.

Pengelola pondok rizki sangat baik dalam memanfaatkan kolam ikan yang bisa dipancing oleh pengunjung. Selain kolam pemancingan, pondok rizki juga menyediakan beberapa saung untuk menikmati menu hidangan.

Jika dilihat dari dari dekat, pondok rizki ini mempunyai konsep, bahwa pengunjung yang datang untuk makan bisa juga sambil memancing ikan di kolam.

Lokasi saung pemancingan di alam terbuka ini, pengunjung dapat menikmati semilir angin. Sungguhan suasana alam yang eksotis.

Pondok Rizki ini berdiri diatas lahan seluas kurang lebih delapan ribu meter persegi, dengan memiliki 7 kolam ikan besar dengan 10 saung makan, besar dan kecil. Untuk saung yang besar dapat menampung 60 orang, jika sekat-sekatnya dibuka semua.

Sedangkan untuk saung yang kecil dapat menampung 8 orang. Saung ini juga sangat cocok untuk bawa satu keluarga. Setiap kolam berbeda isi ikannya. Ada kolam gurame, kolam bawal, patin, mas, mujair dan nila. Rata-rata merupakan ikan dewasa dengan berat setengah hingga enam kilogram.

Tergantung dengan jenis ikannya. Kolam ikan bawal yang terletak di ujung sebelah kiri pintu masuk ada beberapa ikan patin dan bawal dewasa dengan berat setengah sampai enam kilogram.

Berdasar informasi yang di dapat dari petugas jaga, setiap minggunya pihak pemancingan pondok rizki ini akan memasukan ikan dewasa dengan berat maksimal. Hal itu untuk menarik animo pengunjung untuk datang.

Bagi pengunjung yang tidak membawa pancingan sendiri, dapat menyewa alatnya di depan pintu masuk. Pancingan bambu sebesar Rp 3.500 per hari, dan pancingan reel/putar Rp 10.000 per hari. Hasil tangkapan bisa langsung ditimbang dan dibayar sesuai beratnya.

Meski akses menuju lokasi cukup sulit, hanya saja jangan pernah berharap dapat tempat makan bila datang tanpa reservasi terlebih dahulu. Di pondok rizki ini, pengunjungnya pun dibebaskan untuk mengambil ikan dengan cara dipancing.

Hasil pancingan juga bisa diolah langsung jadi hidangan atau dibawa pulang dengan cara dikilo. Ikan yang disediakan dalam kolam pemancingan ini di antaranya ikan emas, gurame, mujair, mas, nila, bawal dan patin.

Menu makanan ikan air tawar seperti gurame, bawal, nila, mas, patin, ditambah sambal sayur asem dan lalapan serta tempe goreng tersaji dalam keadaan segar.

Selain itu ada juga makanan lainnya seperti, karedok, indomie, cah kangkung, dan nasi goring ditambah dengan hidangan es teh manis, es jeruk, dan minuman lainnya.

Untuk masuk ke pondok rizki ini tidak ada pungutan biaya. Pengunjung hanya membayar makanan yang diperoleh dari hasil pancing atau makanan yang dipesan.

Suasananya yang cukup sejuk sejuk, ditambah fasilitas toilet, mushola, saung di atas air, juga pelayanan yang cukup ramah. Ada juga fasilitas lainnya, yaitu ruang rapat, outbound dan sarana bermain anak. Tempat parker pun cukup luas.

Harga ikan per kilogramnya pun berbeda-beda, tergantung ikan yang didapat. Selain itu, di tempat ini juga tersedia flying fox dan eretan air (sampan) untuk hiburan pengunjung.

Sedangkan olahan menu yang ditawarkan pondok rizki masih fresh, baik ikan maupun sayuran. Sehingga, konsumen bisa menikmati hidangan dari bahan yang masih segar.

Bagi pengunjung yang belum pernah ke pondok rizki ini, akan cukup kesulitan menemukan jalannya. Karena, selain jalan masuknya kecil (mobil masih bisa melewati) dan ada tempat parkir. Namun, untuk masuk ke dalam areal pondok pemancingan, pengunjung harus terlebih dahulu melewati jalan kecil yang dikelilingi rumah penduduk di kanan-kirinya.

Jika hari terus beranjak siang, atau di hari libur biasanya pondok rizki ini selalu ramai, dan harus booking terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat. Bersyukur saya bersama rombongan tiba di lokasi pukul 08.15 WIB dan terlihat tempat parkir dan pemancingan (saung) masih terlihat sepi.

Jika Anda datang dari arah Ciputat, Kampus UNPAM (Universitas Pamulang) lurus saja ke arah Serpong sampai menemukan perempatan Kampus ITI (Institut Teknologi Indonesia).

Selanjutnya Anda tinggal lurus saja mengikuti jalan hingga 1-2,5 km disebelah kanan ada plang PONDOK RIZKI, masuk saja kedalam, ikuti jalan kecil melewati rumah-rumah penduduk yang terdapat di sebelah kanan dan kiri, hingga sampai jalan menurun dan terlihat lokasi parkiran Pondok Rizki. - @CepPangeran


Anda berminat ke Pondok Rizki, yang merupakan perpaduan restauran dan tempat memancing ini. Silahkan hubungi:

PONDOK RIZKI
Kampung Sengkol
Jl Hutama Karya (Jl Lingkar Selatan) Desa Muncul
Setu, Serpong
Tangerang Selatan
Telp. 021-7563235
info@pondokrizki.com
www.pondokrizki.com
Pin BB: 2788005A



Saya bareng anak (Muhammad Ammar azmi) yang liburan Pesantren


Peta lokasi Pondok Rizki


Ayah dan anak bahu membahu memancing di kolam Gurame


Ustadz Winarto ikut asik memancing di kolam Gurame


Peserta ibu-ibu dari Bintaro yang ikut bersama


Cheriatna, pendiri Bisnis Dari Rumah (BDR) ikut memancing


Melepas lelah bersama keluarga dengan memancing


Lezatnya makan ikan bawal, gurame bakar plus sayur asem dan lalapan


Artikel Terkait:



9 komentar :

Posting Komentar